Cara Membudidayakan Udang Vanamei Secara Tradisional Memakai Pupuk Yatop

Selamat datang di blog pupuk Organik Yatop  Panen melimpah petani senang virus hilang export udang tercapai

image_20170915_072557_5.jpg

1.Bagaimana merawat udang vaname tidak terkena berbagai penyakit seperti Wsf/Mio/Bercak putih dll. ?

Sehat itu penting, pertama yang wajib di sterilkan yakni Air terlebih dulu. Taburlah Yatop sebanyak 3 Liter/hektar ke dalam tambak dengan cara dikombinasikan air, usahakan penaburan dengan rata. Tujuannya biar air netral, seimbang, plangkton dan phyto plankton berkembang secara cepat serta kondisi tanah didasar tambak cepat berlumpur seperti tepung, sehingga udang betah dan nyaman berada di dasar lumpur, maka nanti hasilnya udang akan berkembang dengan cepat. Lakukan setiap 1 minggu sekali di tabur yatop sebanyak 1 liter/hektar tujuannya adalah untuk tetap menjaga keseimbangan ekosistem di area tambak, menjaga kesehatan udang lebih agresif, lincah dan jatah makannya bertambah 3 kali lipat. Penaburan yatop 1 liter/hektar ditiap 1 minggu sekali adalah hal yang wajib, dikarenakan untuk mengatisipasi situasi cuaca ekstrem yang bisa berubah setiap saat. Kebutuhan yatop dalam 1 hektar adalah 15 liter sampai bisa panen. ( 3 bulan ).

2. Bagaimana udang yang sulit moulting ( berganti kulit ) sehingga pertumbuhannya lambat ?


Udang cepat subur dicirikan dengan kelihatan moulting. Udang sehat moultingnya cepat tetapi kalau udang sulit moulting pasti ada sesuatu yang salah di dalam tambak. Masalahnya ini harus ditemukan. Namun untuk mencari faktor penyebabnya itu yang sulit bahkan petani enggan untuk memeriksa. Rata-rata pembudidaya kita pengen hasil instan. Penyebab udang tidak moulting karena kondisi kulit udang mengeras. Solusinya adalah Taburkan yatop sebanyak 5 liter/hektar semakin banyak yatop di tebarkan ke area tambak maka udang moulting akan lebih cepat. Sifat yatop itu sedikit perih jika kena luka, rasa perihnya itu dalam waktu sekian detik atau menit, apabila kena kulit udang maka hasilnya udang akan lebih cepat berganti kulit. Seringkali udang akan ganti kulit dalam waktu 4 hari.

3. Bagaimana udang stress/teller masih bisa diselamatkan ?Udang bisa stress

dikarenakan banyak factor, diantaranya adalah kondisi di area tambak terlalu dingin, kekurangan protein di dasar, tengah dan di atas air. Pupuk Yatop adalah pupuk yang didalamnya terkandung banyak sekali protein tinggi. Cirinya yakni jika tutup botol di buka lalu ditutup lagi maka proteinnya akan muncul ke permukaan berwarna putih. Apabila udang stress/teller dan naik ke permukaan maka solusinya adalah taburkan Pupuk Yatop sebanyak 3 liter/hektar kemudian tunggu sebentar 1 sampai 3 jam, apakah udang kembali turun ke dasar atau tidak. Jika masih belum turun maka taburkan lagi yatop 1 – 2 liter lg. Semakin banyak yatop di tabur maka semakin cepat udang turun ke dasar dan normal kembali. Jika udang sudah stress dan pulih kembali dengan pupuk yatop maka lakukan penaburan pupuk yaotp sebanyak 1 liter/hektar secara rutin setiap 1 minggu sekali. Jangan sampai lewat satu pekan karena akan menyebabkan udang stress kembali.

4. Bagaimana tambak yang sudah tidak produktif / jarang menghasilkan masih dapat diperbaiki ?

Tambak yang sudah rusak/kurang produktif masih bisa diperbaiki, caranya adalah harus kembali ke alam. Gunakan kotoran sapi, dikarenakan di dalam lument sapi banyak mikroba yg bermanfaat buat tanah dan bisa bertahan hingga 3 bulan. Rumus pembuatan Kotoran sapi sebagai berikut. : 1 LITER PUPUK YATOP + 5 KILOGRAM KOTORAN SAPI BARU + 50 LITER AIR. Permentasi dalam kurun waktu 1 minggu, setiap hari di aduk selama kira-kira 5 menit. Jika sudah 1 minggu taburkan ke area tambak dalam kondisi macak-macak. Biarkan sampai 5 hari setelah timbul lumut sutera kemudian isi tambak sampai penuh. Kebutuhan kotoran hewan sapi sebanyak 50 kg/hektar. Kotoran sapi harus yang baru, maksimal 3 hari setelah keluar dari dubur sapi

  Keunggulan Pupuk Yatop Untuk Udang Vaneme

Berdasarkan pengalaman di Lapangan pupuk Yatop mempunyai sifat yang unik dan aneh di berbagai kota di Indonesia. Keunggulannya adalah sebagai berikut :

1. Bisa Menetralisir Air Payau

Air payau untuk udang dapat dinetralisir oleh yatop dalam kurun waktu berkisar 3 jam. Caranya : Masukan air payau ke dalam gelas (240 cc) lalu masukan pupuk yatop. Air payau yang terasa asin akan berubah menjadi netral selama kurang lebih 3 jam, dan garamnya turun ke dasar gelas. Lama kelamaan air tadi akan terasa seperti manis jambu air.

2. Bisa Menetralisir Residu Kimia Didalam Air

Air yang tercemar oleh limbah dari pabrik bisa dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam kurun waktu 3 hari. Air tambak yang sudah tercemar dalam 3 hari akan berubah warnanya. Oleh karena itu kami menyarankan sebelum udang dimasukan ke dalam tambak alangkah baiknya ditabur yatop terlebih dahulu setelah 3 hari barulah masukan benih udang.

3. Ph Air Dan Ph Tanah Akan Seimbang

Setelah air dan tanah di tabur yatop maka dalam waktu 3 hari kondisinya menjadi seimbang. Hal ini telah dibuktikan dengan melakukan test kertas lakmus dimana PH tanah {berubah menjadi|menjadi| 6. Jika PH telah seimbang maka udang pun akan berkembang dengan subur.

4. Tanah Lumpur Akan Menjadi Halus Seperti Tepung

Tanah lumpur yang telah diberi yatop maka kondisi lumpurnya akan berubah menjadi halus seperti tepung dalam jangka waktu 4 hari. Semua mikroba tanah akan bereaksi karena pupuk merupakan sumber makanan untuk bakteri.

5. Lumut Sutera Menjadi Tumbuh

Tambak yang di taruh dengan pupuk yatop akan tumbuh lumut sutera, paling cepat 4 hari sampai 1 minggu. Lumut sutera baik untuk makanan udang.

6. Mengobati Luka Pada Udang

Udang yang terserang oleh penyakit, Virus atau lainnya bisa diobati dalam waktu 30 menit. Apabila lumpurnya sudah mengandung pupuk yatop maka udang yang luka masuk ke dalam lumpur dan lukanya cepat sembuh.

7. Plankton Berkembang Dengan Subur

Tambak yang sudah di berikan Yatop dalam jangka waktu 3 hari akan terlihat hewan plankton yang berkemban biak didasar, tengah dan permukaan air.

8. Udang Stress Normal Kembali

Jika melihat udang yang sedang stress atau minggir ke atas air maka udang itu hidupnya tidak akan lama, esok atau lusa udang akan mati. Apabila melihat peristiwa seperti itu maka solusi tepatnya Tebarkan Pupuk yatop 3 liter perhektar, dalam waktu 3 jam udang akan sehat kembali dan kembali ke dasar tambak. Udang setelah ditabur pupuk akan lebih gesit/lincah.

9. Daging Udang Bebas Residu


Udang yang sudah menggunakan yatop ketika dipanen dagingnya sudah bebas dari residu kimia. Warna udang akan cerah, daging lebih kenyal, rasa gurih. Pupuk Organik Organik Yatop di resmikan Oleh Bupati malinau Dr.yansen TP.M.SI 15 Oktober 2014

bupati-malianu.jpg

Untuk Konsultasi dan pemesanan langsung dengan Umar yatop di no 085286231111

khusus yang menggunakan Hp bisa langsung mengunjungi link di bawah ini

 klik di sini untuk pemesanan Pupuk Yatop melalui wa

klik di sini untuk menghubungi kami

Klik di sini untuk melakukan pemesanan

0 Response to "Cara Membudidayakan Udang Vanamei Secara Tradisional Memakai Pupuk Yatop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel